Rabu, 01 Mei 2013

DAUN KARI (CURRY LEAVES)

DAUN KARI (Curry Leaves)


Daun kari atau Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai penyedap kari. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu.
Asal tumbuhan ini adalah India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia.

Manfaat Daun Kari

Seperti banyak ramuan, daun kari bukan untu memasak saja. Daun, kulit dan akar pohon daun kari dapat digunakan dalam pengobatan tradisional

Mengatasi Sembelit
Jus Daun Kari yang sudah tua dapat digunakan sebagai pencahar ringan. Air rebusan Daun Kari ditambahkan sesendok Madu. Akan melancarkan saluran pencernaan dan melancarkan saat buang air besar (BAB)

Mengatasi Mual bagi Ibu Hamil
Satu atau dua sendok teh perasan daun kari dicampur dengan satu sendok teh air jeruk nipis dan 1 sendok teh gula.Atau di buat Teh Daun kari diminum pada waktu perut kosong sangat bermanfaat mengatasi gangguan perut dan menyembuhkan mual.

Diare
Daun Kari yang ditumbuk dan dicampur dengan Madu berguna mengatasi diare, disentri dan wasir  Mereka yang dapat menahan rasa dan memiliki perut yang kuat dapat mengunyah daun kari segar dan menghitung di atasnya untuk meringankan diare.

Diabetes

Dengan memakan 10 lembar Daun Kari segar setiap pagi selama tiga bulan dipercaya dapat mencegah Diabetes karena faktor keturunan dan kegemukan. Satu genggam Daun Kari yang ditumbuk halus dan dicampur dengan yogurt diminum pada pagi hari akan menjadi obat tradisional yang mengontrol Diabetes.

Gangguan Ginjal
Akar tanaman Daun Kari juga dapat dijadikan obat. Jus dari akar dapat diambil untuk mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan ginjal,seperti sakit pinggang.

Rambut beruban
Dengan memakan Daun Kari segar setiap hari akan menyuburkan akar rambut. akar rambut baru yang tumbuh lebih sehat dengan pigmen normal.

Perawatan rambut
Daun kari direbus dalam minyak kelapa sampai minyak kering dan  hitam mejadi minyak rambut yang sangat baik dalam mempertahankan pigmentasi alam dan juga merangsang pertumbuhan rambut. Rambut akan mendapat pewarna alami mencegah kerusakan rambut,rambut lebih tebal dan mengurangi uban.

Melepuh dan memar
Tempelkan Daun Kari yang sudah dilayukan pada tempat yang melepuh atau memar.

Perkembang Biakan

Daun Kari dapat ditanam dengan menggunakan biji dari buah yang sudah tua


Cita Rasa

Berikut ini resep masakan yang menggunakan daun kari, selamat mencoba..
 
Kari Ayam dan Nanas
Resep dimodifikasi dari buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Kari Ayam

 


Bahan:
- 1/2 ekor ayam, berat kira-kira 800 gram, potong-potong sesuai selera
- 1 buah nanas ukuran sedang, ambil dagingnya dan potong-potong ukuran 2 x 2 cm
- 200 ml santan kental
- 250 ml air
- 3 sendok makan minyak untuk menumis bumbu 

Bumbu dihaluskan:
- 10 butir cabai merah keriting
- 10 butir cabai rawit merah
- 5 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 1 ruas kunyit
- 2 ruas jahe
- 2 batang serai ambil bagian putihnya
- 1 1/2  sendok teh ketumbar
- 1/4 sendok teh jinten

Bumbu lainnya:
- 1 batang kayu manis
- 2 butir kapulaga
- 4 butir cengkeh
- 2 buah kembang lawang/pekak
- 2 tangkai daun kari (ambil daunnya saja)
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Panaskan minyak di wajan, masukkan kayu manis, kapulaga, kembang lawang/pekak dan cengkeh, goreng sebentar dengan api kecil hingga harum. Masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu menjadi harum dan  berubah warna menjadi tidak pucat lagi.



Masukkan ayam, daun kari, garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk dan masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan air, tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga ayam matang.

Masukkan santan kental dan masak hingga santan mendidih, aduk-aduk selama memasak agar santan tidak pecah. Masukkan potongan buah nanas. Masak hingga semua bahan matang, cicipi rasanya dan angkat. 



Sajikan kari ayam nanas ini dengan nasi hangat atau roti jala. Yummy!

Sources:

Buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa -Kari Ayam

Wikipedia - Curry Tree

Wikipedia - Pineapple

1 komentar:

  1. Jakarta, Aktual.com — Apakah anda pernah mengenal masakan dengan nama ‘Kari’? Tentunya pernah. Makanan Asal Negara India ini sangat dipercaya akan bumbunya yang kental dan rasanya yang has dengan rempah-rempah.

    Untuk membuat rasanya menjadi Kari yang lezat, ternyata satu jenis daun yang dimasukan dalam makanan kari tersebut. Kari itulah yang membuat nama masakan yang kaya santan itu menjadi Kari.

    Daun kari, berasal dari keluarga Rutaceae dan dari spesies... Baca Selengkapnya di Aktual.com

    BalasHapus